Minggu, 13 November 2011

LBT 7

Cotton cake (Cheddar Chesse Cake) LBT 7


Bismillahirrohmaninrrohim
Alhamdulillah akhirnya baru bisa setor foto ke LBT untuk PR LBT 7 dengan tema Cotton Cake
Aku hanya bisa setor ini Cheddar Chesse Cake ala resepnya bunda ricke, karena percobaan berikutnya hasilnya BANTAT dengan suksesnya. Awalnya aku bikin ini hanya untuk pemanasan sebelum buat cotton cake yg lain tp karena percobaan yg lain dengan bentuk dan rasa yg berbeda hasilnya bantat so yg bisa aku setorkan hanya ini. Cake ini memang lembut sekali sekali masuk mulut langsung lumer dimulut nyummiii... Sebenarnya masih penasaran karena belum bisa menaklukan cotton cake dengan versi yg lain, tp karena masih trauma membuang telur dengan jumlah yg lumayan untuk cake bantat cotton cake ku urungkan niat untuk membuat cotton cake lagi... ya udahlah nunggu baking blue ku hilang ntar nyoba lagi ^_^

Cotton cake (Cheddar Chesse Cake)
Bahan A:
130 gram susu cair
40 gram mentega tawar
125 gram keju cheddar, diparut halus (aku pake 1 blok cheddar keju biar nendang rasa kejunya)

Bahan B (campur dan ayak):
20 gram tepung terigu protein sedang
15 gram maizena

Bahan C :
3 kuning telur

Bahan D :
3 putih telur
90 gram gula pasir (sesuai selera manisnya)
1 sdt air jeruk lemon

Topping:
Cuma ada Selai blueberry dan cherry

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, oles bagian dasar loyang dengan mentega, alasi kertas roti, oles lagi dengan mentega.
2. Tim bahan A sampai keju larut (klo masih ada gerindilan sedikit kecil-kecil juga ga apa-apa)
3. Masukkan bahan B selagi bahan A masih hangat (tapi jangan panas), aduk rata hingga lembut dan tidak bergerindil lagi terigunya. Pakai baloon whisker atau mixer kecepatan rendah sebentar aja.
4. Masukkan bahan C. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan air jeruk lemon dan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai SOFT PEAK (jangan terlalu kaku dan kering, cukup sampai mengembang, creamy dan masih mengkilap).
6. Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke campuran keju. Aduk rata. Masukkan campuran ini ke sisa putih telurnya. Aduk balik dan perlahan sampai merata.
7. Panggang dengan cara au bain marie selama 75 menit pakai api kecil hingga matang
8. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dulu dan bagian pinggirnya terlihat agak menjauh dari sisi loyang. Kemudian dengan bantuan pisau tipis,seset bagian pinggirnya. Balikkan perlahan di atas serbet kering dan balikkan kembali ke piring saji. Biarkan dingin.
8. Oles atau siram atasnya dengan selai dihias dengan cherry merah.

- Selamat Mencoba -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...